BAHAN RPP
Sekolah : SMAN
Mata Pelajaran : BAHASA dan SASTRA SUNDA
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pokok : TERJEMAHAN
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Tujuan
Setelah kegiatan membaca, siswa dapat:
Menganalisis sebuah teks terjemahan dengan cermat dan menceritakan kembali isi teks biografi dengan santun.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Materi Pembelajaran
Teks terjemahan
Prinsip-prinsip menerjemahkan
Kemampuhan yang harus dimiliki dalam proses menerjemahkan
(terlampir)
Metode Pembelajaran
Model : Scientific
Metode : Penugasan, ceramah
Media dan Sumber Pembelajaran
Media
Powerpoint teks terjemahan dan IT
Alat
Laptop dan LCD
Sumber Pembelajaran
Sumarsono, Tatang, Spk. 2013. Pamekar Diajar Basa Sunda Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X Kurikulum 2013. Dinas Pendidkan Jawa Barat.
Dinas Pendidikan Jawa Barat. 2013. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Sunda SMA/SMK/MA. Dinas Pendidikan Jawa Barat.
Skenario Pembelajaran
Alat Penilaian
Jenis/Tehnik Penilaian
Tes
Nontes
Bentuk Penilaian
Tes Uraian
Tes Observasi
Instrumen Penilaian
Tes Uraian
Dahar.
Kuring dilahirkeun di imah titinggal karuhun ti indung, nu perenahna gigireun balédésa Ciborélang.
Saéstuna kamerdékaan téh hak sakumna bangsa. Ku sabab kitu, panjajahan di sakuliah dunya kudu dimusnahkeun lantaran teu luyu jeung perikamanusiaan tur perikaadilan.
Rubrik Penilaian (Kunci dan Pedoman Penskoran)
Pedoman Penilaian Uraian
Konci Jawaban
Makan
Saya dilahirkan di rumah peninggalan nenek moyang ibu, yang terletak di samping balai desa Cibolérang, Jatiwangi.
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Pedoman Penskoran
Pedoman Penilaian Sikap Menerjemahkan
Ket:
SB (sangat baik) : 91 - 100
B (baik) : 81 - 90
C (cukup) : 70 - 80
Komentar
Posting Komentar