- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
SMAN 2 CIKARANG SELATAN KABUPATEN BEKASI
KISI-KISI PENULISAN SOAL TES TERTULIS UJIAN SEKOLAH TAHUN 2021/2022
Jenis Sekolah | : SMAN 2 CIKARANG SELATAN |
Mata Pelajaran | : BASA SUNDA |
Kurikulum | : 2013 Revisi |
Alokasi Waktu | : 120 menit |
Jumlah Soal | : Pilihan Ganda : 40 |
Penyusun : 1. Asmin Maulana, S.Pd.
NO. URUT | KOMPETENSI DASAR | BAHAN KELAS | MATERI | INDIKATOR SOAL | LEVEL KOGNITIF | BENTUK SOAL | NO. SOAL |
1 | Menganalisis isi, struktur, dan aspek kebahasaan teks biantara. Mendemonstrasikan biantara dengan memperhatikan kesantunan dan penggunaan kaidah bahasa | XI | Pidato (Biantara) | Mencontohkan biantara resmi atau tidak resmi binatara Mengambarkan kecap | C3 C3 | PG PG | 1 2 |
2 | Menganalisis isi, struktur, dan aspek kebahasaan sisindiran. Menyusun dan menampilkan sisindiran secara lisan/tulisan sesuai dengan konteks dan fungsi sosialnya. | XI | Sisindiran | Menentukan teks sisindiran Menganalisi salah satu paparikan | C3 C4 | PG PG | 3 4 |
3 | Menganalisis isi, struktur dan aspek kebahasaan teks panumbu catur (moderator) dalam kegiatan diskusi, debat, dan sejenisnya. Mendemonstrasikan panumbu catur (moderator) dalam kegiatan diskusi, debat, dan sejenisnya yang sesuai dengan konteks penggunaan bahasa. | XI | Panumbu catur (pembawa acara) | Menelaah kecap nu sipatna Menelaah nu ngabogaan sipat-sipat sinonim. | C3 C3 | PG PG | 5 6 |
4 | Menganalisis isi, struktur dan aspek kebahasaan carita pondok Menulis carita pondok sederhana dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. | XI | Carita pondok | Menafsirkan unsur-unsur carpon Menelaah kalimah pasif | C5 C4 | PG PG | 7 8 |
5 | Menganalisis isi, pola penyajian, dan unsur kebahasaan teks warta (berita) dari media massa cetak atau elektronik. Menyusun teks warta (berita) berdasarkan pengamatan atau hasil wawancara sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. | XI | Warta (Berita) | Mengklasifikasi unsur-unsur pertanyaan warta Mencontohkan warta | C3 C2 | PG PG | 9 10 |
6 | Menganalisis isi, struktur, dan aspek kebahasaan novel Menyajikan hasil analisis novel melalui berbagai media (seperti bagan, cerita bergambar, animasi) dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan | XI | Novel | Menjabarkan kecap rundayan Menafsirkan pribahasa | C2 C5 | PG PG | 11 12 |
7 | Menganalisis isi, struktur dan aspek kebahasaan teks biografi Menulis teks biografi sederhana dengan memperhatikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa | XI | Riwayat Hidup (Biografi/ Autobiografi) | Mencontohkan unsur-unsur biografi Mencontohkan unsur-unsur biografi | C2 C2 | PG PG | 13 14 |
8 | Menganalisis isi, struktur, serta aspek kebahasaan petikan cerita wawacan. Mentransformasikan cerita wawacan ke dalam prosa atau mengkreasikan ke dalam bentuk pertunjukan (seperti beluk, jemblungan, dramatisasi). | XI | wawacan | Menyimpulkan teks wawacan Mengkaitkan pupuh kedalam teks wawacan. | C4 C4 | PG PG | 15 16 |
9 | Menganalisis isi , struktur dan aspek kebahasan teks bahasan tradisisunda. Menyajikan bahasan tradisi setempat melalui berbagai media ( seperti mading , pameran fotografi ,film dokumenter) dengan memperhatikan kaidah bahasa sunda. | XII | Teks kebahasan tradisional | Menggambarkan salah satu tradisi sunda Menentukan tema tradisi sunda Menggambarkan kesenian tradisional Menjelaskan teks tradisi sunda. | C3 C3 C3 C1 | PG PG PG PG | 17 18 19 33 |
10 | Menganalisis isi, struktur dan unsur kebahasaan petikan carita wayang. Mengkreasikan petikan carita wayang secara lisan/tulisan ke dalam bentuk lain (drama, carita pondok, puisi) dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. | XII | Carita Wayang | Mengidentifikasi unsur-unsur carita wayang. Menganalisis unsur- unsur carita wayang Membandingan antara cerita dongéng dan carita wayang | C1 C4 C2 | PG PG PG | 20 32 21 |
11 | Menganalisis isi, struktur dan aspek kebahasaan teks resensi (buku, film, musik, pertunjukan) Menulis resensi (buku, film, musik, pertunjukan) dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan | XII | Resensi | Menelaah tema resensi Menganalisis teks resensi Mengkritik teks resensi Menelaah teks resensi | C3 C4 C5 C4 | PG PG PG PG | 22 23 24 34 |
11 | Menganalisis isi, struktur, dan unsur kebahasaan teks/naskah drama Menampilkan drama berdasarkan teks/naskah dengan memperhatikan intonasi dan ekspresi | XII | Drama | Mensimulasikan teks/naskah drama Menganalisis unsur- unsur intrinsik drama Memilih kalimat langsung dan tak langsung | C3 C4 C4 | PG PG PG | 25 26 31 |
12 | Menganalisis isi, struktur dan aspek kebahasaan teks artikel berbahasa Sunda. Menulis artikel sederhana berbahasa Sunda dengan memperhatikan struktur dan penggunaan kaidah kebahasaan | XII | Artikel | Menentukan isi artikel. Menentukan tema artikel secara tepat dan benar Menyebutkan cara-cara maca artikel Menyelidiki teks artikel | C3 C3 C1 C3 | PG PG PG PG | 27 28 35 36 |
13 | Menganalisis isi, struktur, dan aspek kebahasaan petikan carita pantun Mengkreasikan carita pantun secara lisan/ tulisan ke dalam bentuk lain (seperti drama, carita pondok, puisi) dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasan. | XII | Carita pantun | Menganalisis isi teks Rajah di dalam petikan carita pantun. Menganalisis struktur teks pada petikan cerita pantun. Menganalisis stuktur teks monolog di dalam petikan carita pantun. Mengnalisis struktur teks dialog di dalam petikan carita pantun Menganalisis struktur teks galur carita di dalam petikan pantun. Menjelaskan carita pantun | C4 C4 C4 C4 C4 C2 | PG PG PG PG PG PG | 29 30 38 39 40 37 |
Catatan:
Level Kognitif :
LK 1 : Pengetahuan dan Pemahaman
LK 2 : Aplikasi
LK 3 : Penalaran
Mengetahui,
Kepala Sekolah Mata Pelajaran
SIDIKIN, S.Pd, M.M. ASMIN MAULANAMAULANA, S.Pd.
NIP. 19690217 199103 1 004
CONTOH SOAL US TAHUAN PELAJARAN 2021-2022
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar